Tunggu Sebentar

Booster Pump RO (Reverse Osmosis)

Muhammad Agus Ferdiyanto

Pompa booster reverse osmosis adalah untuk meningkatkan tekanan air ke unit RO dengan kebutuhan rumah tangga dan  small commercial using seperti home industri, catering, restoran, cafe, isi ulang dll

Reverse osmosis adalah proses tekanan-driven. Unit RO perumahan kecil secara teoritis akan beroperasi pada tekanan yang sangat rendah - sampai 35 psi, menurut beberapa pembuat membran - namun kenyataannya adalah, Anda tidak akan mendapatkan banyak air dan kualitas air produk akan terganggu jika unit berjalan di bawah 45 psi Tekanan inlet yang rendah membuat unit menghasilkan lebih banyak air menolak, menghasilkan lebih sedikit air minum, mengisi tangki penyimpanan lebih lambat, dan menghasilkan air dengan kualitas lebih rendah. 

Unit RO berjalan dengan baik pada tekanan air khas kota sebesar 60 psi, namun kecepatannya berjalan lebih baik dengan pompa kecil untuk meningkatkan tekanan hingga 80 psi atau lebih tinggi.

Gambar di atas menunjukkan tiga elemen penting dari pompa penguat RO. Benda putih di sebelah kiri adalah trafo. Ini dihubungkan ke stopkontak standar dan dikonversi ke voltase (paling sering 24 volt) yang dibutuhkan oleh pompa. Benda besar itu adalah pompa itu sendiri. Perangkat ketiga adalah tombol tekan. Ini memonitor tekanan air di tangki penyimpanan unit RO dan mematikan pompa dan sebagai respons terhadap tekanan tangki penyimpanan. Tekanan shutdown yang paling umum untuk undersink unit RO rumah adalah 40 psi.

Pengaturan pompa standar ditunjukkan di atas. Fungsi tombol tekanan pada garis tangki adalah mematikan arus ke pompa saat tekanan tangki mencapai tingkat preset. Pengaturan tekanan standar biasanya memberikan tekanan sekitar 80 psi ke unit RO dan mematikan produksi saat tekanan tangki mencapai 40 psi. Pengaturannya bisa disesuaikan, tapi biasanya lebih baik membiarkannya di setting pabrik. (Klik gambar untuk versi yang lebih besar.)

Apakah Anda Butuh Pompa Booster?

Sebagian besar pengguna air reverse osmosis kota memiliki tekanan air kota yang cukup untuk menjalankan unit RO mereka dengan baik dan mereka tidak memerlukan pompa booster. Misalnya, jika tekanan air kota Anda 60 psi atau lebih, hanya ada sedikit yang bisa diperoleh dengan menambahkan pompa booster. Jika tekanan Anda kurang dari 50 psi atau kurang, pompa tekanan akan memberi unit RO Anda lebih banyak zip. Anda akan memiliki lebih banyak air, pada tekanan yang lebih tinggi, di tangki penyimpanan, dan tangki akan mengisi lebih cepat. Tekanan yang meningkat juga akan memperbaiki ekonomi unit (akan mengurangi air yang tidak mengalir) serta kualitas air. Unit RO berkembang pada tekanan.

Apakah Semua Pompa Sama?

Pabrikan sering menunjuk pompa dengan output galon per hari dari unit RO. Dengan pompa Aquatec 6800 yang digambarkan di atas, rekomendasinya untuk digunakan dengan unit dengan membran yang mengeluarkan hingga 50 galon per hari. Untuk membran yang lebih besar, model lain, Aquatec 8800, direkomendasikan.


 


Tags : boosterpump  reverse osmosis  ro rumah tangga  pompa ro   diaghfram pump  micron  kemflo  desalite  dengyuan  24vdc  48vdc