Tunggu Sebentar

Sterilisasi Lampu Ultraviolet

Muhammad Agus Ferdiyanto

Sterilisasi lampu uv adalah salah satu alat untuk proses desifectant, pada penyaringan air membutuhkan proses yang steril dan higienis untuk menjamin kualitas air hasi produksi yang murni serta bebas dari kuman penyakit sehingga aman untuk dikonsumsi. Lampu UV ini berguna terutama sebagai pembunuh bakteri dalam proses pengolahan air minum. Metode sterilisasi air minum menggunakan sinar Ultravioet telah terbukti ampuh dan memberikan manfaat yang baik serta prosesnya juga tergolong mudah. Teknoligi ultraviolet untuk sterilisasi kini sudah banyak digunakan seperti pada depot air minum isi ulang dan industri pengolahan air minum.

Penggunaan Yang tepat
Untuk menjamin kualitas air hasil penyaringan yang benar-benar terbebas dari berbagai bakteri penyebab penyakit, penggunaan Lampu UV harus disesuaikan antara kapasitas dengan volume debit air yang disterilisasi. Besarnya debit atau kapasitas air yang disetirilisasi dapat diketahui dari kemampuan flow pompa saat sedang menjalankan operasi. Apabila penggunaan Lampu Ultraviolet tidak sesuai dengan kemampuan atau kapasitasnya ketika sterilisasi bakteri dengan flow debit air dari pompa, maka kualitas hasil menjadi kurang terjamin. Ketika kapasitas lampu uv tidak sesuai dengan laju debit air dalam proses sterilisasi, maka bakteri yang dapat menyebabkan penyakit akan memiliki kemungkinan yang besar lolos dari proses strerilisasi.

Jenis dan kapasitasnya
Merek sterilisasi
Sterilisasi lampu ultraviolet tersedia dalam beberapa jenis lampu dan kapasitas untuk membunuh bakteri yang berbeda-beda, lampu ultraviolet juga tersedia dalam beberapa merek yang berbeda seperti:

  1. Sterilight,
  2. Canada
  3. Topwin
  4. Starlight
  5. dan lain-lain.

Merek lampu ultraviolet
Sedangkan lampu yang biasa dipakai adalah:

  1. R-Can,
  2. Philips,
  3. GE,
  4. Osram.

Kapasitas lampu UV
Sedangkan kapasitas yang disediakan untuk jenis jenis Lampu UV adalah 5 gpm atau juga 18.9 liter/menit, ada juga yang memiliki kapasitas 6, 8, 12 serta 24 gpm. Kebutuhan air minum yang sehat meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Ultraviolet Water Sterilizer merupakan alat yang berbentuk silinder panjang yang digunakan untuk sterilisasi air menjadi air siap minum. Alat ini berbentuk silinder panjang memiliki lampu di dalamnya yang berfungsi untuk membangkitkan dan memancarkan sinar ultraviolet.

Bagian Sterilisasi Lampu UV
Sterilisasi lampu uv ini memiliki 3 bagian utama yaitu :

Adaptor

  • Adaptor berfungsi untuk mengalirkan satuan listrik sesuai dengan tengangan dan arus yang dibutuhkan oleh Ultraiolet Water Sterilizer.

Tabung lampu

  • Tabung  inilah  tempat dimana lampu berada biasanya dibatasi kaca supaya tidak terkena air.

Lampu Ultraviolet

  • Pancaran sinar ultraviolet ini yang akan membuat kuman dan bakteri mati, sehingga air yang selesai melewati tabung tadi keluar dalam bentuk air yang sudah steril dan siap minum.

Lampu uv tahan digunakan sekitar 2-3 tahun. Ini bergantung dari intensitas pemakaian sehari-harinya,kapasitas sterilisasi yang dimiliki oleh alat ini ialah ditentukan oleh volume galon per minute (GPM). Semakin besar kapasitas GPM yang dialirkan, maka daya yang dibutuhkan untuk membangkitkan pijaran lampu sinarnya juga akan semakin tinggi.


Tags : Sterilisasi Lampu Ultraviolet  ultraviolet ro  UV  UV RO