Tunggu Sebentar

Mengenal Lebih Jauh Reverse Osmosis

Muhammad Agus Ferdiyanto

Sejarah Awal Sistem Reverse Osmosis
Walaupun ide penggunaan osmosa balik ini telah diketahui selama 100 tahun, namun secara praktis dikembangkan pada tahun 1962 oleh pemerintah Amerika Serikat yang mendanai pengembangan R.O., pada masa itu proses 1000 galon air bersih perhari. Dengan perkembangannya pada masa ini telah dihasilkan lebih 3000 kali lebih besar air murni yang dihasilkan dari sistem R.O. Tahun 1991, tentara Amerika Serikat membawa 8.000 membran R.O. (mobile R.O.) untuk para tentaranya pada masa perang teluk. Tahun 1993, kembali R.O. dipergunakan untuk pemurnian air bah/banjir diwilayah Midwest.
 

Mengapa kita harus perduli akan kebersihan dan kemurnian air yang kita minum?
Sejak tahun 1971, air yang kita minum sehari-hari menjadi sangat berpolusi dalam jumlah yang mengkhawatirkan di danau, sungai dan air tanah (yang pada masa sekarang paling banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari) Hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 12.000 bahan kimia yang dipasarkan dan 500 bahan diantaranya banyak dipergunakan pada tahun-tahun terakhir ini. Pencemaran tersebut dapat masuk kedalam air minum kita karena sumber air yang ada sudah hampir tercemar polusi tersebut.

Akibat pencemaran tersebut belum sepenuhnya diketahui oleh manusia karena bahan kimia yang memiliki kemampuan berkombinasi dengan bahan-bahan lainnya yang kemungkinan berdampak lebih buruk bagi kesehatan dari sebelumnya.
Jutaan masyarakat saat ini telah membelanjakan uangnya hanya untuk mendapatkan air bersih untuk diminum bagi kebutuhan sehari-harinya seperti air mineral botolan siap minum ataupun air PAM yang didistribusikan melalui pipa-pipa kesetiap rumah.

Pentingnya air bersih karena lebih dari 70% dari tubuh kita mengandung air, yang mengisi 60.000 mil urat nadi dan arteri dalam tubuh kita. Darah mengandung cairan 50%-60% dan 90% dari cairan tersebut merupakan AIR MURNI. Selama ini ginjal kita bekerja keras untuk membersihkan racun dalam tubuh. Ginjal tentu juga memiliki batas toleransi untuk membuang semua bahan beracun tersebut dan lagi kondisi kita tidak selalu fit untuk setiap saat.

Cairan dalam tubuh berfungsi untuk memberi zat pelumas pada sendi-sendi dan jaringan lunak, mengisi semua sel dan lubang-lubang kecil dalam tubuh. Dengan cairan tubuh yang sudah tidak baik maka timbul penyakit-penyakit baru pada jaman sekarang.
 

Air seperti apa yang kita butuhkan sebelum menggunakan sistem Reverse Osmosis?
Pertama, Anda membutuhkan air yang bersih. Walaupun pori dari membran lebih kecil dari micro-organisme, ada kemungkinan (walau sangat kecil) kerusakan sistem akibat kebocoran. Selanjutnya bila air minum Anda tidak siap minum penting untuk membasmi kuman sebelum meminumnya, ini dapat dilakukan dengan klorinasi, ozonisasi , UV (ultra violet) atau ceramic filter

Kedua, jika air Anda memiliki total pelarutan bahan beracun (TDS 500 atau lebih kecil), Anda setidaknya membutuhkan 40 p.s.i. tekanan air. Pada umunya setiap rumah menggunaka air yang bertekanan. Jika Anda tidak/kurang memiliki air yang bertekanan maka Anda dapat menggunakan Booster Pump untuk setiap R.O. Anda.

Ketiga, mungkin Anda menggunakan air yang keras (memiliki kadar serat tinggi/hardwater) maka, Anda perlu melunakkannya (softwater) pada tingkat klasifikasi tertentu yang didasari grains per gallon (gpd).
Jika Anda memiliki kandungan air lebih dari 5 grains per gallon dianjurkan untuk melembutkannya dengan menggunakan pre-filter, ini berguna untuk memperpanjang umur membran dari Reverse Osmosis.

Grains per Gallon

Apa membran  itu dan bagaimana kerjanya ?

Membran memiliki beberapa tingkat/lapisan kecil filter/film yang disimpan bersama, melingkar dalam konfigurasi spiral sekeliling pipa plastik (ini dikenal dengan TFC membrane). Bahan membran adalah setengah bahan tembus air. Membran tersebut memberi molekul air untuk lewat sambil menghambat bahan yang berbahaya. Pori dari membrane sangat kecil untuk mengotori air yang dilaluinya.

Kualitas membran memberi peran penting dari sekedar filter konvensional yang Anda taruh pada kran air.

Pada gambar dibawah ini yang memperlihatkan besaran ukuran membran yang akan mencegah bakteri terkecil untuk masuk kedalam air minum Anda.

Gambar Ukuran relatif dari kotoran
Yang Ditahan R.O. Membran

 

Dapatkah Anda menjelaskan Osmosa (Osmosis) ?

Membran R.O. kualitas tinggi yang disebut “semi-permiable”, yang berarti air dapat melalui dan mencegah penguraian partikel yang lebih besar untuk melaluinya (tanpa penguraian). Jika Anda menaruh membran antara dua bagian yang terlihat pada gambar dibawah ini dimana bagian sebelah berisi air garam dan sebelahnya air murni dimana ditengah-tengahnya  merupakan membran semi-permeable maka akan terjadi suatu keseimbangan kadar air bila dicampurkan keduanya. Kadar air garam yang semula memiliki Kontaminasi tinggi menjadi memiliki kontaminasi lebih rendah dari semula.

Gambar Normal Osmosis

Apa yang terjadi dengan pencemaran ?

Sistem Reverse Osmosis tidak dapat berjalan tanpa pembuangan bahan tercemar (bahan yang tidak dapat melalui membran) dan membran akan dipenuhi kotoran dan terjadi pemnyumbatan sehingga terjadi tekanan yang sangat tinggi. Untuk mencegah hal tersebut maka sistem ini memisahkan kedalam dua bagian, satu bagian untuk air  murni (air yang dapat melalui membran) dan bagian lainnya air kotor yang tidak mamapu melalui membran.

Keterangan:
1. Air kotor masuk kedalam sistem
2. Air kotor tertahan/gagal masuk kedalam serat membran
3. Tekanan air menekan molekul air untuk melewati membran
4. Air Reverse Osmosis disimpan kedalam tangki penyimpanan
5. Air kotor keluar dari sistem melalui saluran air pembuangan
 
Mengapa Harus Reverse Osmosis ?
  1. Filter air teknologi dari Amerika Serikat dimana teknologi ini pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan keseluruh dunia .
  2. Memiliki kandungan oksigen yang tinggi sehingga menguatkan sel serta organ tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh serta memiliki daya penyembuhan.
  3. Memiliki kandungan air murni
  4. Bebas pencemaran organik dan non-organik
  5. Praktis langsung dapat diminum
  6. Biaya ekonomis yang sangat rendah untuk setiap galonnya.
  7. Kualitas air yang hampir sempurna 99.99% murni dimana dapat menyaring 96%-98% segala bentuk kontaminasi
  8. Manfaat lebih untuk kebutuhan sehari-hari seperti: 
    1. Menanak nasi – menjadikan nasi lebih tahan lama
    2. Hemat pemakaian gula, kopi, the dll. 
    3. Lebih mudah larut dalam air
    4. Baik untuk perawatan kulit sensitif
    5. Mencuci lebih bersih
  9. Praktis dengan berbagai bentuk pilihan sesuai kebutuhan
  10. Biaya perawatan yang mudah dan murah
  11. Perawatan dan pemasangan dapat dilakukan sendiri.
  12. Layanan purna jual + ber-Garansi
  13. Berbagai pilihan model sesuai kebutuhan Anda.

Melalui Sistem R.O. ini dapatkah melenyapkan bakteri ?
Cryptospodium?

Ya ! Sebuah membran R.O. memiliki ukuran pori lebih kecil dari bakteri dan vi rus, pyrogen atau parasit Cryptospodium. Ia akan membuang segala mikroorganisme dan menghasilkan air murni.


Saya telah memakai air botolan untuk minum sehari-hari, apakah masih perlu Reverse Osmosis ?
Tentu perlu dengan alasan

  1. Air minum botolan memang baik (untuk merek tertentu) tetapi UNIFIER Reverse Osmosis menawarkan kualitas air yang terbaik untuk kebutuhan keseharian anda
  2. Biaya yang sangat tinggi dan mahal bila kita menggunakan air botolan
  3. Pemakaian air botolan masih terbatas pada air minum saja tetapi untuk memasak, mencuci sayuran, daging, menanak nasi maupun merebus masih menggunakan air tanah/PAM yang rawan pencemaran dan tidak dijamin bebas polusi yang pada akhirnya timbul penyakit-penyakit yang tidak diharapkan.
Mengapa harus menggunakan Reverse Osmosis sebagi alat pemurni air sehari-hari?
Karena kami memiliki 3 alasan:

Bila Anda memiliki alat Destilasi/penyulingan

Pada skala 1 hingga 10 dari kemurnian air, air destilasi yang ddihasilkan dari alat tersebut yang memiliki post-filter yang baik memiliki nilai “10”. Hasil air destilasi akan sedikit menjadi lebih mahal, kurang baik untuk linggkungan dan dibutuhkan banyak tenaga listrik/energi. Dalam hal ini Reverse Osmosis memiliki air dengan nilai “9”, dengan biaya relatif lebih murah (lihat Lampiran 1,2 dan 3. Secara umum proses R.O. ini memiliki 4 tahap sedangkan R.O. SYSTEM yang kami tawarkan memiliki 5 tahap dengan maksud peningkatan dan stabilitas air, lebih murah biaya perawatan membran, tahapan tersebut berfungsi sbb:

Tahap 1, Sedimen Filter I, membuang partikel-partikel besar (5 Mikron), yang berasal dari keran air, seperti karat, pasir, bahan mikro, kapur, dan sekaligus melindungi Membran Reverse Osmosis. Untuk tipe 74000 dan 75000 merupakan pre-filter dari sistem Reverse Osmosis
Tahap 2, Pre-Carbon, membuang klorin, kimia, dan mikro-organisma penyerap bau, warna, bahan pencuci, triklorometan, bahan kimia organik dan pelindung membran Reverse Osmosis
Tahap 3, Sedimen filter II, membuang partikel-partikel Lebih kecil (1 Mikron), bahan mikro, kapur dan sekaligus melindungi membran reverse Osmosis
Tahap 4, Membran Reverse Osmosis, dengan besaran 0.0001 mikron. Hanya air murni, oksigen yang larut didalam air serta mineral tanpa ion yang dapat melalui membran ini (lihat spektrum Reverse Osmosis), sehingga menjamin air murni 99,99% karena kemampuan menyaring 96%-98% kontaminasi, berfungsi menyaring mikroorganisma, virus, bakteri, logam berat (arsenik, plumbum, kadmium, raksa), bahan non-organik, ion logam serta polutan radio aktif
Tahap 5, Post filter, mengembalikan rasa air seperti semula dan menghilangkan bau tak sedap sekaligus

Bila Anda memiliki filter air yang simple,

Filter air pada umumnya dapat membuang berbagai kotoran seperti partikel yang besar dan beberapa dari filter tersebut memiliki post-filter dimana dapat menghilangkan bau dan mengembalikan rasa tetapi filter ini hanya sedikit memiliki kemampuan dan beberapa dari filter tersebut memiliki post-filter dimana dapat menghilangkan bau dan mengembalikan rasa tetapi filter ini hanya sedikit memiliki kemampuan untuk membuang pencemaran kimia dan mikro-organisma

Bila Anda menggunakan air botolan

Memiliki harga yang lebih tinggi untuk setiap galonnya, kecenderungan dan kekhawatiran akan adanya kontaminasi molekul plastik kedalam air bila galon terkena sinar matahari yang berlebihan pada saat distribusi. Bila anda membeli air botolan maka kekhawatiran terhadap lingkungan timbul (daur ulan plastik memang dapat membantu tapi tidak banyak manfaatnya dan akan lebih bijaksana bila kita mengurangi pemakaian plastik). Dipihak lain pengisian ulang yang

Memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis filtrasi lainnya yang ada dipasaran. Seperti :
Ionisasi (penukaran ion)

  • Biaya operasi yang tinggi dan memerlukan penyelenggaraan yang profesional.
  • Hanya membuang ligam berat tetapi masih mengandung banyak natrium yang dapat mengakibatkan hipertensi, pengapuran pembuluh darah dan masalah jantung
  • Bahan-bahan organik, bakteri dan virus tidak dapat disaring

Destilasi (penyulingan)

  • Biaya tinggi, penggunaan secara terus menerus akan memboroskan listrik dan harus selalu membersihkan endapan yang tertinggal secara rutin
  • Gagal membuang bahan organik seperti triklorometana
  • Produktivitas air yang dihasilkan sangat sedikit/kecil

Karbon teraktif

  • Memiliki perbedaan dalam dalam hasil
  • Tidak dapat membuang virus, logam berat, nitrat, asbestos dan bahan-bahan lainnya
  • Mudah menjadi tempat pembiakan kuman dan bakteri

Pengendapan

  • Memiliki kualitas yang tidak stabil
  • Tidak dapat membuang virus, logam berat, nitrat, asbestos dan bahan-bahan lainnya
  • Tempat pembiakan bakteri

Boil (pendidihan)

  • Membunuh bakteri, tetapi meninggalkan jasat renik (bakteri/virus yang telah mati) ikut terminum
  • Mempercepat proses antara bahan organik untuk bergabung dengan klorin yang membentuk triklorometana
  • Meningkatkan kepekatan bahan pencemar air (kimia) karena terjadi penguapan dari air.

Ozonisasi

  • Hanya membunuh bakteri, hasilnya lebih buruk daripada pendidihan
  • Biaya tinggi, harus menukar tabung lampu setiap 3-6 bulan
  • Tidak dapat menyaring keluar bahan pencemar

UV (ultra Violet)

  • Dapat membunuh bakteri
  • Biaya tinggi memerlukan penggantian tabung 3 –6 bulan sekali
  • Hanya efektif membunuh bakteri saja tetapi tidak dapat membunuh kotoran lain

Air Mineral

  • 45% air mineral dipasaran mengandung bahan fosforus
  • Mutu sangat bervariasi dan stabilitas tidak selalu sama karena sumber mata air yang berbeda-beda dan proses filterisasi yang tidak jelas
  • Mahal

Hanya sedikit dari kita yang sadar akan pentingnya air bersih yang kita gunakan sehari-hari karena pengaruh air terhadap kesehatan pada umumnya berdampak tidak langsung, tetapi tanpa disadari banyaknya penyakit yang timbul pada masa sekarang justru berasal dari air yang tercemar tanpa disadari terus kita konsumsi.

Beberapa orang menganggap kegagalan sistem Reverse Osmosis karena membuang sebagian besar mineral-mineral penting bagi tubuh ?
Itu benar, bahan-bahan mineral yang penting bagi tubuh bukanlah berasal dari air saja karena mineral yang dihasilkan dari air sangat sedikit untuk kebutuhan tubuh, akan lebih baik bila kita mengkonsumsi makanan kesehatan/food suplement ataupun buah-buahan serta sayuran yang lebih terjamin tingkat kesegaran dan manfaatnya.

Beberapa kutipan dibawah ini yang dapat menjadi acuan mengenai mineral dalam air:

“Kesadahan air (mineral organik dalam bentuk larutan) ialah penyebab utama berbagai jenis penyakit. Mineral-mineral berat yang lolos dari dinding intestinal dan masuk pada sistem lympatic, yang mana mengirimkan semua produk-produknya melalui darah pada gilirannya beredar keseluruh bagian tubuh. Inilah banyak penyakit yang diderita oleh manusia.” (Dr. Charles Mayo dari Mayo Clinic)

“Mineral yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh ialah mineral organik, semua jenis mineral lain merupakan zat asing bagi tubuh dan harus dihilangkan.” (Dr. Allen E. Banik, MD dalam bukunya The Choise is Clear)

“Kerusakan terbesar yang diakibatkan oleh meneral-mineral organik ditambah kkolesterol waxy dan garam dapat terjdi pada arteri-arteri kecil dan saluran-saluran darah lain dari otak (90% berisi air). Pengerasan arteri-arteri kecil dan saluran-saluran darah bermula pada saat Anda kemasukan bahan Anorganik dan mineral-mineral dari air yang Anda minum kedalam tubuh Anda. (Dr. Paul Bragg, N.D.Ph.d dalam buku The Shocking Truth About Water).

“Kita butuh Mineral untuk tubuh dari makanan yang kita makan bukan berasal dari air yang kita minum”.

INGAT…!!! DENGAN MEMASAK AIR, PROSES OZONISASI DAN ULTRA VIOLET TIDAK DAPAT MENGHILANGKAN PENCEMARAN KIMIA DAN LOGAM


Tags : ro  Mengenal Lebih Jauh Reverse Osmosis  sejarah RO  sejarah reverse osmosis  pengenalan RO  pengenalan reverse osmosis  reverse osmosis  

Share To Social Media : Facebook Twitter