Tunggu Sebentar

Media Filter Penyaring Air

Muhammad Agus Ferdiyanto

Media filter adalah bagian yang paling menentukan kualitas dan keberhasilan dari proses penyaringan air, dimana media filter ini memiliki kualitas atau grade dan jenis yang berbeda-beda baik produk lokal maupun impor.

Penentuan media filter penyaring dan penjernih air sangat tergantung dari kondisi sumber air dan tujuan yang diinginkan dari proses penyaringan apakah untuk air minum atau hanya untuk air bersih saja atau juga untuk bahan baku air produksi.

Jenis & Fungsi Media Filter
Ada beberapa jenis media filter air yang umum digunakan pada proses penyaringan air sesuai fungsi dan tujuannya yaitu:

Karbon Aktif


Karbon aktif adalah senyawa karbon yang telah ditingkatkan daya adsorpsinya dengan melakukan proses karbonisasi dan aktifasi. Pada proses tersebut terjadi penghilangan hidrogen, gas-gas dan air dari permukaan karbon sehingga terjadi perubahan fisik pada permukaannya.

Bahan baku karbon aktif:
Ada beberapa bahan karbon aktif yang biasa digunakan dalam proses penyaringan air diantaranya yaitu:

  • Batok kelapa
  • Kelapa sawit
  • Batu bara
  • dan yang lainnya.

Fungsi karbon aktif
Fungsi dari media filter karbon aktif adalah untuk Menghilangkan klorin bebas dan senyawa organik yang menyebabkan bau, rasa dan warna juga meningkatkan kadar oksigen dalam air.

Silica sand

Silica sand atau pasir silika menurut kamus wikipedia adalah salah satu mineral yang umum ditemukan di kerak kontinen bumi. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi dengan skala kekerasan Mohs 7 dan densitas 2,65 g/cm³. Bentuk umum kuarsa adalah prisma segienam yang memiliki ujung piramida segienam.

Fungsi Silika Sand
Produk tambang silika sand ini dalam filterisasi berfungsi untuk Menyaring lumpur, tanah dan partikel lainnya dalam air, biasanya difungsikan sebagai pre-filter untuk diproses dengan filter berikutnya.

Manganese Greensand ( Mgs )


Mangan Greensand adalah pasir khusus yang dilapisi dengan bahan katalis. Mangan Greensand menggunakan lapisan ini untuk bereaksi dengan zat besi, mangan dan hidrogen sulfida di dalam air dan membentuk endapan yang kemudian terperangkap dalam media filter.

Fungsi Manganese Greensand
Manganese adalah produk olahan dari zeolit sand berfungsi untuk  mengurangi zat besi dan mangan dalam air, dalam air zat ini ditandai dengan perobahan warna air menjadi kemerah-merahan bila diendapkan.

Ferro atau Pasir Aktif


Ferro adalah produk olahan dari silica sand dengan katalis permanganat kalikus berfungsi untuk mengurangi zat besi dalam air.

Zeolit.


Zeolit merupakan bahan tambang yang mengandung mineral dan merupakan kelompok senyawa alumina silikat terhidrasi dan mempunyai stuktur berongga dan bersaluran molekuler, berisi dan dapat disisi secara aktif dengan bahan berharga untuk berinteraksi dengan larutan disekelilingnya, produk tambang berfungsi untuk Meningkatkan kadar oksigen dan menyerap zat kapur ringan dalam air.

Resin.


Resin adalah produk olahan industri dan terdiri dari dua jenis yaitu :

Resin kation
Resin Kation berfungsi mengikat dan menyerap  ion-ion positif seperti kalsium (CA2+) dan Magnesiun (2+) dalam air sehingga kandungan kalsium dan magnesium dalam air bisa hilang atau berkurang, sehingga air menjadi lembut atau biasa disebut dengan Softener,

Resin Anion
Fungsi dari resin anion adalah untuk menyerap ion-ion negatif dalam air seperti HC03, CL, NO3, SO42

Penggunaan resin kation dan resin anion juga dijadikan media untuk demineralisasi air yaitu proses meminilisasi atau menghilangkan kandungan mineral dalam air.

Demikian beberapa jenis dan fungsi dari beberapa media filter air yang umum dipergunakan dalam proses penyaringan air disamping ada jenis media tertentu yang dipergunakan untuk keperluan khusus.


Tags : Media Filter  filter air  media filter air  media penyaring air  penyaring air